Tingkatkan Kualitas Pembelajaran di SMA Negeri Muara Kelingi Melalui Sekolah Digital
Sekolah Digital 4.0

By Doni Maris Indra 06 Feb 2023, 23:43:29 WIB Pendidikan
Tingkatkan Kualitas Pembelajaran di SMA Negeri Muara Kelingi  Melalui Sekolah Digital

Gambar : Ilustrasi sekolah digital 4.0


Berita Terupdate SMAN 1 Muara kelingi, 06 Februari 2023

Bersamaan dengan implementasi Kurikulum Merdeka pada tahun ini, maka SMA Negeri Muara Kelingi mengadakan rapat bersama seluruh Dewan Guru. Rapat diadakan di Ruang Guru SMA Negeri Muara Kelingi tepatnya (Senin, 6 Februari 2023). Adapun tujuan diadakannya rapat kali ini ialah untuk mempercepat peningkatkan kualitas pembelajaran yang dilakukan oleh guru maupun kualitas pelayanan oleh tenaga kependidikan.

            Mewujudkan kualitas pendidikan disuatu lembaga memang tidaklah mudah, hal ini memerlukan komitmen bersama seluruh warga sekolah, ujar Kepala SMA Negeri Muara Kelingi,  Fahmi Hadian, M.Pd. Kemudian guna mempercepat peningkatan kualitas pembelajaran di SMA Negeri Muara Kelingi pada tahun pelajaran 2022/2023 semester genap ini akan dilakukan berbagai upaya.

            Pertama, Melakukan supervisi bagi seluruh guru dan tenaga kependidikan. Dengan diadakannya supervisi maka akan diketahui kelebihan dan kekurangan yang pada guru. Setelah mengetahui kelebihan tentu akan dijadikan sebagai modal ke depannya untuk menjadi lebih baik lagi. Sedangkan kekurangan akan dijadikan bahan evaluasi bagi pendidik dan sekolah untuk bersama-sama memperbaikinya. Untuk memperbaiki kekurangan tersebut tentu bisa dilakukan dengan berbagai cara salah satunya dengan pelatihan. 

            Kedua,  menjadikan SMA Negeri Muara Kelingi sebagai  sekolah digital pertama yang ada di Kabupaten Musi Rawas. Tentu dengan menjadikan sekolah ini sebagai sekolah digital  akan membuat sekolah ini terus berbanah. Karena dengan bertekad menjadi sekolah digital maka SMA Negeri Muara Kelingi untuk tahun pelajaran 2023/2024 berupaya memiliki learning management system sendiri,  menggunakan buku digital, memiliki sistem informasi digital, menggunakan papan tulis interaktif, memaksimalkan penggunaan smartphone, kemudian berupaya menerapkan kurikulum berbasis ICT.

                                        (Fahmi Hadian, S.Pd.,M.Pd Kepala SMA Negeri 1 Muara Kelingi)   

Ketiga, mengaktifkan kembali seluruh kegiatan ekstra kurikuler yang ada. Dan membentuk beberapa ekstra kulikuler  unggulan seperti english club. Melalui kegiatan ekstra kulikuler english club diharapkan seluruh siswa SMA Negeri Muara Kelingi dapat menggunakan bahasa inggris secara aktif. Hal ini dilakukan untuk persiapan siswa melanjutkan ke perguruan tinggi. Disamping itu juga, program unggulan Tahfiz Quran juga memasang target yang luar biasa bagi murid. Setelah menyelesaikan pendidikan di SMA Negeri Muara Kelingi, maka diharapkan seluruh siswa mampu menghafal minimal juz 30.

           Keempat, membuat paguyuban orang tua murid di setiap kelas. Dengan dibentuknya paguyuban diharapkan dapat membangun, menumbuhkan, dan meningkatkan partisipasi kepedulian serta tanggung jawab orang tua dalam memberikan saran dan masukan dalam upaya peningkatan hasil belajar murid. Dengan terbentuknya paguyuban orang tua tentu ini akan menampung seluruh ide, gagasan dari orang tua terhadap proses belajar mengajar di kelas. Hal ini tentu saja mendorong kepedulian aktif serta partisifasi orang tua guna untuk mendukung hasil belajar siswa.

Disamping sebagai wadah untuk menampung ide, serta gagasan diharapkan paguyuban menjadi komunitas yang solid, dan memiliki rasa persaudaraan serta solidaritas antar sesama anggota. Dengan adanya paguyuban ini, akan merekatkan para orang tua untuk berpartisipasi dalam kemajuan pendidikan. Bersama menjadi pengawas eksternal sehingga menjadikan sekolah memiliki kualitas yang semakin baik.

Diakhir rapat kepala sekolah, Fahmi Hadian, M.Pd. Mengajak seluruh guru dan  tenaga kependidikan untuk meningkatkan kualitas diri. Dengan meningkatnya kualitas diri para guru tentu akan sejalan dengan meningkatnya mutu atau kualitas lulusan di SMA Negeri Muara Kelingi. Sehingga menjadikan SMA Negeri Muara Kelingi sebagai sekolah favorit di Kabupaten Musi Rawas.

(#Kontributor, Peri Saputra, M.Pd #Editing: Doni Maris, S.Pd.,M.Pd)

 

             




Video Terkait:


Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment